SOAL
PERBANDINGAN, PERSENTASE BERKARAKTER
Bentuk
Soal
Pak
Ali memiliki tabungan sebesar 31 milyar rupiah dibagikan kepada ketiga karyawannya sebagai modal usaha. Besar uang yang dibagikan berdasarkan lama pengabdian terhadap perusahaannya. Ketiga karyawan
tersebut bernama Budi, candra, dan Dedi. Pak Ali berharap semoga ketiga karyawannya
tersebut mampu berwiraswasta sendiri. Pembagian tersebut dengan
perbandingan Budi : Candra : Dedi = !/2 : 1/3 : 1/5 . Setelah satu
tahun ketiga karyawan tersebut melaporkan kepada Pak Ali. Hasil laporannya uang
yang diterima karyawan tersebut meningkat jumlahnya. Uang Budi menjadi 18
milyar rupiah, uang Candra menjadi 15 milyar rupiah, dan uang Dedi menjadi 18 milyar rupiah.
a. Berapa
persen peningkatan besar uang mereka masing-masing?
b. Tunjukan
dalam soal tersebut yang mengandung nilai
keadilan
c. Tunjukan
dalam soal tersebut yang mengandung nilai kerja
keras
d. Tunjukan
dalam soal tersebut yang mengandung nilai tanggung
jawab
Perbandingan
uang yang diterima Budi : Candra : Dedi
= !/2 : 1/3 : 1/5
= 15/30 : 10/30
: 6/30
Perbandingan uang yang diterima Budi : Candra : Dedi = 15 : 10 : 6
Jumlah perbandingan uang yang diterima Budi , Candra, dan Dedi = 15 +10 + 6
= 31
Jumlah uang yang diterima Budi =15/31 x 31 milyar rupiah = 15 milyar rupiah
Jumlah
uang yang diterima Candra = 10/31
x 31 milyar rupiah = 10 milyar rupiah
Jumlah
uang yang diterima Dedi = 6/31
x 31 milyar rupiah = 6 milyar rupiah
a. Persentase
peningkatan modal :
Budi = (18 milyar rupiah : 15 milyar rupiah)
x 100 % = 120 %
Candra = (15 milyar rupiah : 10 milyar
rupiah) x 100 % = 150 %
Dedi = (18 milyar rupiah : 6 milyar rupiah)
x 100 % = 300 %
b. Nilai keadilan terletak pada
pemberian modal sesuai dengan lama pengabdian
c. Nilai kerja keras terletak pada
keberhasilan karyawannya dengan meningkatnya besar
uang setelah satu tahun
uang setelah satu tahun
d. Nilai tanggungjawab terletak pada
ketiga karyawan tersebut melaporkan hasil kerjanya
kepada Pak Ali selaku pemilik modal
kepada Pak Ali selaku pemilik modal
No comments:
Post a Comment