Mengembangkan kompetensi siswa secara
optimal dalam Penanaman konsep aljabar
Materi : Operasi tambah, kurang, kali
dan bagi dalam bentuk
aljabar
Model I (Kompetensi berkembang tidak optimal)
Isilah titik- titik di bawah ini dengan benar
Operasi Penjumlahan dan Pengurangan
Bentuk Aljabar
1)
X2y + xy
5x2y + 4xy +
....................
|
2)
3x2y – 6 xy
7x2y + 5 xy +
.....................
|
3)
6 xy2 - 7 x2y
9xy2 - 5 x2y +
...................... |
4)
2X2y + 6xy
3x2y + 2xy -
..................
|
5)
3x2y – 9 xy
8x2y + 15 xy -
.....................
|
3)
6 xy2 - 7 x2y
9xy2 - 5 x2y -
......................
|
Operasi perkalian dan pembagian bentuk
aljabar
1) 4a2b + 8ab2
. 2ab x
..................
|
2) 9a2b – 6 ab2
. 8 ab x
....................
|
3)
12ab2 – 5 a2b
. -
4 ab x
......................
|
|
4)
12x2y - 6xy2 = .........
3xy
|
5)
20 x3y2 – 15 x2y3 = ......
5 x2y
|
||
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar
Operasi Penjumlahan dan Pengurangan
Bentuk Aljabar
1) ...... + ........
....... + ....... +
5a2b + 7 ab
|
2)
........ - ........
......... + ......... +
12 ab2 – 5 ab
|
3)
......... - ..........
......... - .......... +
13 ab2 – 12 a2b
|
4) ...... + ........
....... + ....... -
3a2b + 2 ab
|
5)
........ - ........
......... + ......... -
4 ab2 – 10 ab
|
6)
......... - ..........
......... - .......... -
3 ab2 + 6 a2b
|
Operasi perkalian dan pembagian bentuk
aljabar
1)
........+ .........
. .......... x
12a2b3 + 18a3b2
|
2)
........+ .........
. - .......... x
16a2b3 - 20a3b2
|
3)
........ - .........
. - .......... x
- 24a2b3 + 18a3b2
|
|
4)
......... + .......... = 3a2b
+ 2ab2
............
|
5)
...... - ........ = 4b2c –3bc2
.............
|
||
Catatan
Perhatikan pada operasi aljabar pada
model Pertama
Seluruh siswa memiliki jawaban yang
sama jika menjawab benar. Dengan demikian
kompetensi siswa berkembang dibatasi
Perhatikan pada operasi aljabar pada
model Kedua
Setiap
siswa memiliki jawaban yang benar
berbeda-beda berbeda-beda . Dengan demikian kompetensi siswa berkembang tidak
dibatasi
Dari contoh tersebut maka model kedua
lebih membantu perkembangan kompetensi siswa lebih optimal.
Selamat mencoba.
No comments:
Post a Comment