Sunday, 9 October 2016

Soal Pengembangan kompetensi siswa lebih optimal pada Penanaman konsep aljabar



Mengembangkan kompetensi siswa secara optimal dalam Penanaman konsep aljabar 


Materi : Operasi tambah, kurang, kali dan bagi dalam bentuk
                aljabar
Model I (Kompetensi berkembang tidak optimal)
Isilah titik- titik  di bawah ini dengan benar
Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar
1)   X2y + xy
      5x2y + 4xy  +
....................

2)    3x2y – 6 xy
        7x2y  + 5 xy +
       .....................


3)   6 xy2 -   7 x2y
      9xy2  -  5 x2y  +
     ......................

4)   2X2y + 6xy
      3x2y + 2xy  -
     ..................

5)    3x2y – 9 xy
        8x2y + 15 xy -
       .....................

3)   6 xy2 -   7 x2y
      9xy2  -  5 x2y  -
     ......................



Operasi perkalian dan pembagian bentuk aljabar
1) 4a2b + 8ab2
     .          2ab  x
      ..................
2)   9a2b – 6 ab2
       .          8 ab   x
       ....................

3)  12ab2 – 5 a2b
      .          - 4 ab  x
      ......................
4)    12x2y  - 6xy2  = .........
              3xy

5)  20 x3y2 – 15 x2y3   = ......
            5 x2y







Model II (Kompetensi berkembang lebih optimal)


Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar
Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar
1)   ...... + ........
       ....... + .......  +
       5a2b + 7 ab

2)     ........  -  ........
       .........  + ......... +
        12 ab2 – 5 ab
3)    ......... -  ..........
        ......... -  .......... +
       13 ab2 – 12 a2b
    
4)   ...... + ........
       ....... + .......  -
       3a2b + 2 ab

5)     ........  -  ........
       .........  + ......... -
        4 ab2 – 10 ab
6)    ......... -  ..........
        ......... -  .......... -
        3 ab2 + 6 a2b
    

Operasi perkalian dan pembagian bentuk aljabar
1)    ........+  .........
       .          ..........  x
     12a2b3 + 18a3b2

2)    ........+  .........
       .        -  ..........  x
     16a2b3 - 20a3b2

3)    ........ -  .........
       .       -  ..........  x
    - 24a2b3 + 18a3b2


4)   ......... + ..........  =  3a2b + 2ab2
           ............
5)     ...... -   ........ = 4b2c –3bc2
                .............





Catatan
Perhatikan pada operasi aljabar pada model Pertama
Seluruh siswa memiliki jawaban yang sama  jika menjawab benar. Dengan demikian kompetensi siswa berkembang dibatasi
Perhatikan pada operasi aljabar pada model  Kedua
Setiap  siswa memiliki jawaban yang  benar berbeda-beda berbeda-beda . Dengan demikian kompetensi siswa berkembang tidak dibatasi

Dari contoh tersebut maka model kedua lebih membantu perkembangan kompetensi siswa lebih optimal.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment