Kaidah Penulisan soal baik pilihan ganda ataupun soal uraian dapat ditinjau dari 3 aspek
1. . Materi
2..
Konstruksi
3. Bahasa
KAIDAH PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA
A. Materi
1.
Soal harus sesuai dengan indikator
2. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
3. Setiap soal harus mempunyai
satu jawaban yang benar
B.
KONSTRUKSI
4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas
5. Rumusan pokok soal dan
pilihan jawaban harus merupakan
pernyataan yang
diperlukan saja
6. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang
benar
7. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda
8. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
9. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “ semua pilihan jawaban
di atas
benar” atau “ semua pilihan
jawaban di atas salah”
10. Pilihan jawaban yang
berbentuk angka harus disusun berdasarkan urutan besar
kecilnya nilai angka
tersebut
11. Gambar , grafik, tabel, diagram
dan sejenisnya yang terdapat pada
soal harus
jelas dan berfungsi
12. Butir materi soal jangan bergantung pada jawaban soal
sebelumnya
BAHASA
13. Rumusan soal menggunakan bahasa yang sederhana
14. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat
menyinggung perasaan peserta
didik
15. Rumusan soal tidak menggunakan kata-kata atau kalimat yang menimbulkan penafsiran
ganda atau salah pengertian.
16. Butir soal menggunakan bahasa yang baik dan benar
17. Rumusan soal sudah mempertimbangkan segi bahasa dan budaya
18. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat,
jika soal akan digunakan untuk
daerah lain atau nasional
========**********===========
KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN
MATERI
1. Soal harus sesuai indikator
2. Batasan pertanyaan
dan jawaban yang diharapkan (ruang lingkup) harus jelas
3. Isi materi sesuai
sesuai dengan petunjuk pengkuran
4. Isi
materi yang ditanyakan sudah sesuai dengan jenjang , jenis sekolah atau
tingkat kelas
KONSTRUKSI
5. Rumusan kalimat soal atau
pertanyaan harus menggunakan kata
tanya atau perintah
yang menuntut jawaban terurai
seperti :Mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan,
hubungkan, tafsirkan, buktikan, hitunglah. Jangan
menggunakan kata tanya ysng
tidak menuntut jawaban uraian,
misalnya siapa, di mana, kapan, dan juga kata tanya
yang hanya menuntut jawaban ya atau tidak.
6. Rumusan kalimat soal harus komunikatif yaitu
menggunakan bahasa sederhana yang
sudah dikenal siswa serta baik dan benar dari segi bahasa
7. Buatlah petunjuk yang
jelas tentang cara mengerjakan soal
8. Buatlah pedoman
penyekoran segera setelah soalnya
ditulis dengan cara menguraikan
komponen
yang akan dinilai atau kriteria penyekorannya
9. Hal-hal lain yang
menyertai soal, seperti tabel, gambar,
grafik, peta, atau yang
sejenisnya harus disajikan dengan jelas
dan terbaca sehingga tidak menimbulkan
penafsiran yang berbeda
BAHASA
10. Rumusan soal menggunakan
bahasa yang sederhana
11. Rumusan soal tidak
mengandung kata-kata yang dapat
menyinggung perasaan peserta
didik
12. Rumusan soal tidak
menggunakan kata-kata atau kalimat yang
menimbulkan penafsiran
ganda atau salah pengertian.
13. Butir soal menggunakan
bahasa yang baik dan benar
14. Rumusan soal sudah mempertimbangkan segi bahasa dan budaya
15. Jangan menggunakan
bahasa yang berlaku setempat, jika soal akan digunakan untuk
daerah lain atau nasional
=======**********===========
No comments:
Post a Comment