Wednesday, 22 July 2015

Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda dan Uraian



Kaidah Penulisan soal baik  pilihan ganda ataupun soal uraian dapat ditinjau dari 3 aspek
1.   .  Materi
2.Konstruksi
3. Bahasa





KAIDAH PENULISAN SOAL PILIHAN GANDA
A.      Materi
1.    Soal harus sesuai dengan indikator
2.   Pilihan jawaban  harus homogen dan logis
3.  Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar

B.      KONSTRUKSI
4.    Pokok soal harus  dirumuskan secara jelas dan tegas
5.  Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan  pernyataan yang
     diperlukan saja
6.  Pokok soal  jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar
7.   Pokok soal jangan  mengandung pernyataan  yang bersifat negatif ganda
8.   Panjang rumusan  pilihan jawaban  harus relatif sama
 9.  Pilihan jawaban jangan  mengandung pernyataan “ semua pilihan jawaban di atas
      benar” atau “ semua pilihan jawaban di atas salah”
10.   Pilihan jawaban yang berbentuk angka harus disusun berdasarkan urutan besar
       kecilnya  nilai  angka tersebut
11.  Gambar , grafik, tabel, diagram dan sejenisnya  yang terdapat pada soal  harus
       jelas dan berfungsi
12.  Butir materi soal  jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya


BAHASA

13. Rumusan soal menggunakan bahasa yang sederhana
14. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata yang dapat menyinggung  perasaan peserta
        didik
15. Rumusan soal tidak menggunakan kata-kata atau kalimat yang menimbulkan  penafsiran
      ganda atau salah pengertian.
16. Butir soal menggunakan bahasa yang baik dan benar
17. Rumusan soal  sudah mempertimbangkan  segi bahasa dan budaya
18. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku  setempat,  jika soal akan digunakan untuk
      daerah lain atau nasional

 ========**********===========



KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN

MATERI
1.         Soal harus sesuai indikator
2.         Batasan pertanyaan  dan jawaban yang diharapkan (ruang lingkup) harus jelas
3.         Isi materi sesuai  sesuai dengan petunjuk pengkuran
4.        Isi materi yang ditanyakan sudah sesuai dengan jenjang , jenis sekolah atau
           tingkat kelas

KONSTRUKSI
5. Rumusan kalimat soal atau pertanyaan harus menggunakan  kata tanya  atau perintah
    yang menuntut  jawaban terurai seperti :Mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan,
     hubungkan, tafsirkan, buktikan, hitunglah. Jangan menggunakan kata tanya  ysng
     tidak menuntut jawaban uraian, misalnya siapa, di mana, kapan, dan juga kata tanya
     yang hanya menuntut jawaban ya atau tidak.
6.  Rumusan kalimat soal harus komunikatif yaitu menggunakan bahasa sederhana yang
     sudah  dikenal siswa  serta baik dan benar dari segi bahasa
7. Buatlah petunjuk yang jelas tentang  cara mengerjakan soal
8. Buatlah pedoman penyekoran segera setelah  soalnya ditulis dengan cara  menguraikan
    komponen  yang akan dinilai atau kriteria penyekorannya
9. Hal-hal lain yang menyertai soal, seperti  tabel, gambar, grafik, peta, atau yang
     sejenisnya harus disajikan dengan jelas dan terbaca sehingga tidak menimbulkan 
    penafsiran yang berbeda

BAHASA
10. Rumusan soal menggunakan bahasa yang sederhana
11. Rumusan soal tidak mengandung kata-kata  yang dapat menyinggung  perasaan peserta
      didik
12. Rumusan soal tidak menggunakan kata-kata  atau kalimat yang menimbulkan  penafsiran
     ganda atau salah pengertian.
13. Butir soal menggunakan bahasa yang baik dan benar
14. Rumusan soal  sudah mempertimbangkan  segi bahasa dan budaya
15. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku  setempat,  jika soal akan digunakan untuk
       daerah lain atau nasional

=======**********===========


No comments:

Post a Comment