FORMAT PROGRAM
PENGAYAAN
Mata Pelajaran : ...................... Semester : ............
Kelas
:
…..
Tahun Pelajaran : …………..
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) = ………….Hari/tanggal pelaksanaan : .......................
Standar Kompetensi :
...................................................................................................................
...................................................................................................................
Kompetensi Dasar
:........................................................................................................................
........................................................................................................................
Uraian Materi :
........................................................................................................................
..........................................................................................................................
Materi soal yang belum tuntas klasikal nomor
:
....................................................................................
Strategi Pelaksanaan Remedial :
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
Nama siswa yang mengikuti
Program Pengayaan ( siswa yang sudah tuntas) :
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
Lampiran Soal Pngayaan:
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
........................................................................................................................
Mengetahui Bandar lampung,
................
Kepala SMP/MTs ......................... Guru mata pelajaran
.............................................
..............................................
NIP. ……………………….. NIP. …………………………….
================================================
CONTOH PROGRAM
PENGAYAAN
Mata Pelajaran : Matematika Semester
: Ganjil
Kelas
: VII A
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) = 70
Hari/tanggal pelaksanaan : ...................
Standar Kompetensi : Aljabar
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan
masalah aritmetika sosial yang sederhana
Uraian Materi : Aritmatika Sosial
Materi soal yang belum tuntas klasikal nomor : ...............
Strategi Pelaksanaan Pengayaan :
1. Pembahasan ulang secara klasikal untuk
soal yang belum tuntas (di bawah KKM)
2. Siswa yang sudah tuntas diberdayakan dalam pelaksanaan tutor sebaya untuk
membantu
membina temannya yang belum tuntas
3. Pada saat siswa yang
belum tuntas mengikuti tes perbaikan, siswa yang tuntas menyelesaikan
soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi
secara kelompok yang terdiri atas 3
siswa setiap
kelompoknya.
Nama siswa yang mengikuti Program Pengayaan :
Jumlah = .... siswa
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
........................................................................................................................
.....................................................................................................................
Lampiran Soal Pngayaan:
1. Sebuah toko memberi diskon sebesar 25 %
untuk semua jenis barang yang dijualnya.
Toko
tersebut telah mendapat untung 20 %
jika dagangannya laku terjual . Ada 4 jenis barang
masing-masing tertulis harga pada label Rp.500.000,00 ; Rp.
300.000,00 ; Rp150.000,00
dan Rp.50.000,00.
Apabila 4 jenis barang tersebut laku terjual
masing-masing 1 kodi,
berapa modal yang
diperlukan untuk membeli barang tersebut
?
2. Sebuah toko memberi diskon sebesar 40 % kepada pembeli untuk barang
jenis a dan jenis
B. Modal barang jenis a : barang jenis B = 2 : 3.
Toko tersebut akan mendapat untung 20 %
jika barang
tersebut laku terjual . Apabila barang jenis A pada label tertulis harga jual Rp.
800.000,00. Berapakah modal untuk
barang jenis B dan berapa harga yang tertulis pada
label?
Solusi :
1 Jumlah harga jual pada label = 20 (500.000 +
300.000 + 150.000 + 50.000)
= Rp 20.000.000,00
Harga jual sesungguhnya = 100%-25% x 20.000.000
100%
= Rp 15.000.000,00
Modal = . 100%
. x 15.000.000
100% + 20 %
=
Rp 12.500.000,00
2 Harga jual sesungguhnya barang jenis A = 100% - 40 % x 800.000
100 %
= Rp 480.000,00
Modal barang jenis A = . 100 %
. x
480.000
100% + 20 %
= Rp.400.000,00
Modal barang jenis B = 3/2 x 400.000
= Rp.600.000,00
Harga jual sesungguhnya barang jenis B = 100 % + 20 % x 600.000
100 %
= Rp 720.000,00
Harga yang tertulis pada label untuk jenis B = .
100% x 720.000
100% - 40%
= Rp 1.200.000,00
Mengetahui Bandar lampung,
................
Kepala SMP/MTs ......................... Guru mata pelajaran
.............................................
..............................................
NIP. ……………………….. NIP. …………………………….
=========================================================
CONTOH PELAKSANAAN PROGRAM PENGAYAAN
Mata Pelajaran : Matematika Semester : Ganjil
Kelas
: VII A
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) = 70
Hari/tanggal pelaksanaan : Senin, 1-9-2014
Standar Kompetensi : Aljabar
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan
masalah aritmetika sosial yang sederhana
Uraian Materi :
Aritmatika Sosial
Materi soal yang belum tuntas klasikal nomor
: 2, 5, 7
2. Seorang pedagang buah-buahan menmbeli
2 kuintal
mangga , ia mendapat
laba sebesar Rp. 300.000,00 . Dari penjualan tersebut ia memperoleh uang
Rp.2.300.000,00. Berapakah harga
pembelian setiap kg mangga tersebut?
5. Seorang pedagang buah-buahan membeli
30 peti
buah apel dengan harga
Rp.300.000,00 setiap petinya. Setiap peti berisi 20 kg apel. Kemudian apel
tersebut dijual eceran dengan harga Rp.16.000,00 setiap kg. Untung
atau rugikah
Pedagang tersebut dan berapa persen
keuntungan atau kerugiannya ?
7. Pak Dedi seorang pedagang buah-buahan membeli
10 peti
buah duku dengan
harga Rp.150.000,00 setiap petinya. Karena hujan deras sebagian dukunya
membusuk.
Kemudian duku yang tidak busuk dijual seluruhnya, ternyata ia
menderita kerugian 10 %
Berapakah uang yang diperoleh Pak Dedi setelah menjual seluruh dukunya ?
Penyelesaian
2.
Harga pembelian 1 kg
= (2.300.000 – 300.000) : 200
= 2.000.000 : 200
= Rp.10.000,00
5. Harga pembelian = Rp.300.000,00 x 30
= Rp.9.000.000,00
Harga penjualan = ( 30 x 20 ) x Rp.16.000,00
Harga penjualan = 600 x Rp.16.000,00
Harga penjualan = Rp.9.600.000,00
Karena harga penjualan lebih besar dari harga pembelian maka pedagang
memperoleh keuntungan .
Untung = Rp.9.600.000,00 - Rp.9000.000,00
= Rp.600.000,00
Persentase keuntungan = (Rp.600.000,00:
Rp.9.000.000,00 ) x 100 %
= 15 %
7. Harga pembelian = 10 x Rp.150.000,00
Harga pembelian = Rp.1.500.000,00
Kerugian = 10 % x Rp.1.500.000,00
Kerugian = Rp.150.000,00
Harga penjualan = Rp 1.500.000,00 - Rp 150.000,00
Harga penjualan = Rp 1.350.000,00
Strategi Pelaksanaan Pengayaan :
1. Pembahasan ulang secara klasikal untuk
soal yang belum tuntas (di bawah KKM)
2. Siswa yang sudah tuntas diberdayakan dalam pelaksanaan tutor sebaya untuk
membantu
membina temannya yang belum tuntas
3. Pada saat siswa yang
belum tuntas mengikuti tes perbaikan, siswa yang tuntas menyelesaikan
soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi
secara kelompok yang terdiri atas 3
siswa setiap
kelompoknya.
Nama siswa yang mengikuti Program Pengayaan :
Jumlah = 15 siswa
(1) Ali, (2) Amir, (3) Badu, (4) Iwan, (5) Maimunah,
(6), Gatot, (7)Marni, (8) Ahmad,
(9)Endang, (10), Mirna, (11) Nini , (12) Narto, (13) Suryati, (14) Darmi, (15)
Jasmin
Lampiran Soal Pngayaan:
1. Sebuah toko memberi diskon sebesar 25 %
untuk semua jenis barang yang dijualnya.
Toko
tersebut telah mendapat untung 20 %
jika dagangannya laku terjual . Ada 4 jenis barang
masing-masing tertulis harga pada label Rp.500.000,00 ; Rp.
300.000,00 ; Rp150.000,00
dan Rp.50.000,00.
Apabila 4 jenis barang tersebut laku terjual
masing-masing 1 kodi,
berapa modal yang
diperlukan untuk membeli barang tersebut
?
55. Sebuah toko memberi diskon sebesar 40 % kepada pembeli untuk barang
jenis a dan jenis
B. Modal barang jenis a : barang jenis B = 2 : 3.
Toko tersebut akan mendapat untung 20 %
jika barang
tersebut laku terjual . Apabila barang jenis A pada label tertulis harga jual Rp.
800.000,00. Berapakah modal untuk
barang jenis B dan berapa harga yang tertulis pada
label?
Solusi :
1 Jumlah harga jual pada label = 20 (500.000 +
300.000 + 150.000 + 50.000)
= Rp
20.000.000,00
Harga jual sesungguhnya = 100%-25% x 20.000.000
100%
= Rp 15.000.000,00
Modal = . 100%
. x 15.000.000
100% + 20 %
=
Rp 12.500.000,00
2 Harga jual sesungguhnya barang jenis A = 100% - 40 % x 800.000
100
%
= Rp 480.000,00
Modal barang jenis A = . 100 %
. x
480.000
100%
+ 20 %
= Rp.400.000,00
Modal barang jenis B = 3/2 x 400.000
=
Rp.600.000,00
Harga jual sesungguhnya barang jenis B = 100 % + 20 % x 600.000
100 %
= Rp
720.000,00
Harga yang tertulis pada label untuk jenis B = .
100% x 720.000
100% - 40%
=
Rp 1.200.000,00
Mengetahui Bandar lampung,
................
Kepala SMP/MTs ......................... Guru mata pelajaran
.............................................
..............................................
NIP. ……………………….. NIP. …………………………….
No comments:
Post a Comment